Kiai Ahmad Dahlan : Jejak Pembaruan Sosial dan Kemanusiaan

Collection Location Smart Library
Edition
Call Number 920 MUL j
ISBN/ISSN 9789797094973
Author(s) Imam Prihadiyoko
Subject(s) Biografi
Classification 920
Series Title THO p
GMD Book
Language Indonesia
Publisher PT Kompas Media Nusantara
Publishing Year 2010
Publishing Place Jakarta
Collation xx, 308 p. ; 21 cm
Abstract/Notes Seabad lalu, kemanusiaan merupakan salah satu prinsip pemikiran penting dari founding father Muhammadiyah Kiai Ahmad Dahlan. Sayang, generasi penerus Muhammadiyah seperti telah melupakan etika welas asih yang universal dan kontekstual dengan kondisi masyarakat Indonesia tersebut.

Bahkan, gagasan kemanusiaan dan kebangsaan Kiai Ahmad Dahlan pernah dikhianati oleh sebagian generasi penerus yang mengaku sebagai pewaris Muhammadiyah. Mereka terjebak pada pengecilan makna gerakan perubahan yang dimotori Kiai Ahmad Dahlan menjadi hanya sekadar gerakan penumpasan TBC (takhayul, bidah, khurafat). Mereka pun terjebak pada pengulangan atau sekadar mencontoh apa yang sudah pernah dilakukan Kiai Ahmad Dahlan.

Ketika masih murni sebagai organisasi yang didasarkan atas etika welas asih, Muhammadiyah memiliki sikap yang terbuka pada modernitas. Muhammadiyah juga menunjukkan dengan nyata keberpihakan pada kaum proletar. Karenanya, meski berbasis agama, gerakan Muhammadiyah mengundang simpati banyak kalangan dari beragam latar belakang sosio-budaya.

Namun, kini, mengapa gerakan reformasi kemanusiaan Kiai Ahmad Dahlan, yang bersumber pada ayatayat kitab suci dan sunnah Rasul, belakangan terkesan lebih terbatas pada sekadar kegiatan mencari penempatan atau posisi politik? Pertanyaan besar inilah yang dicoba dijawab Prof. Abdul Munir Mulkhan dalam buku ini, yang merupakan salah satu karya tulis paling jujur dan komprehensif dalam memetakan berbagai gagasan dan pemikiran Kiai Ahmad Dahlan.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous